Rabu, 31 Oktober 2012

Apakah Siap Bersaing di Dunia Kerja?

Menurut data riset Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) tahun 2011, tercatat hampir 10 juta penduduk Indonesia berstatus pengangguran terbuka. Meningkatnya SDM di negeri ini berbanding jauh dengan lapangan kerja yang tidak bertambah, itulah yang membuat banyaknya pengangguran di Indonesia.

Nah, berhubung dunia kerja sudah di depan mata, dan juga persaingan-persaingan semakin ketat, yuk kita bersiap menghadapinya. Wulandari Setyaningrum dan RN Superteam dalam buku 13 Cara Menyusun Cv dan Surat Lamaran Kerja punya tips yang bisa kita contek:

Langkah pertama; cara pandang.

Ubah cara pandang diri. Jika pernah gagal dalam persaingan kerja, jangan lantas berpikir bahwa kegagalan adalah akhir dari segalanya. Pastikan bahwa kegagalan yang kita alami justru menjadi pemicu dan motivasi untuk berusaha mencari pekerjaan.

Jika sudah percaya diri dan yakin pada kemampuan yang kita miliki, maka segeralah mengambil peluang kerja. Jangan lupa, atur juga siasat agar jangan sampai kepercayaan yang kita bangun jatuh kembali.

Langkah kedua;  tingkatan kemampuan.

Salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan kemampuan kita adalah dengan membaca. Karena dengan membacalah kita akan mendapatkan berbagai pengetahuan baru.

Selain itu, cobalah hal-hal baru yang belum kita mengerti, misalnya mengotak-atik komputer. Dalam melamar pekerjaan, kemampuan mengolah data komputer sangatlah dibutuhkan. Beberapa perusahaaan sangat menghindari karyawan yang gaptek pada teknologi.

Langkah ketiga; inovatif dan kreatif.

Persaingan yang semakin ketat, perlu dihadapi dengan kemampuan kita berinovasi dan berkreasi. Seseorang yang berani berinovasi dan berkreasi  akan memandang dunia sekitarnya seperti sebuah tantangan besar yang mampu untuk ditaklukkan.
Makin sering kita mengasah inovasi dan kreasi, maka kita akan mendapatkan peluang kerja. Bahkan, tidak mustahil kita mampu menciptakan peluang kerja baru. Ingat saja, daripada menyesali keadaan, lebih baik mengambil suatu sikap yang positif.


sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar