Selasa, 30 Oktober 2012

6 Manfaat 'Unik' Testosterone Ini


Jakarta, Jika mendengar kata 'testosterone' mungkin yang terlintas dalam benak orang adalah hormon yang berkaitan dengan aktivitas seksual. Tapi ternyata fungsi testosterone tak melulu itu saja. Pasalnya sebuah studi baru dari Jerman menunjukkan bahwa hormon ini juga mendorong perilaku sosial tertentu dan kejujuran saat berinteraksi dengan orang lain.

Untuk memperoleh kesimpulan itu, peneliti memberikan gel testosterone pada 46 partisipan dan plasebo pada 45 partisipan lainnya.

Keesokan harinya, ke-91 partisipan tersebut diminta untuk melemparkan dadu dalam ruangan tertutup lalu diminta melaporkan angka berapa yang mereka dapatkan dan menerima uang sejumlah angka itu. Tentu saja pelempar dadu tertinggi memperoleh uang paling banyak.

Setelah menyerahkan uang kepada partisipan, peneliti menemukan bahwa pria yang menerima gel testosterone memberikan laporan angka yang lebih jujur.

Alasannya, testosterone dengan kadar yang tinggi meningkatkan rasa bangga dan citra diri seseorang di hadapan orang lain jadi jika mereka curang maka akibatnya akan fatal, kata peneliti. Apalagi dengan adanya embel-embel uang membuat partisipan tak berkenan mengambil risiko sehingga mereka pun terdorong untuk bersikap lebih jujur.

Namun ternyata hormon ini tak hanya mempengaruhi perilaku tapi ada 6 manfaat unik lain yang diperoleh dari tinggi rendahnya kadar testosterone dalam tubuh seseorang seperti halnya dilansir dari menshealth, Senin (29/10/2012) berikut ini.

1. Memenangkan perhatian wanita
Tim peneliti dari Wayne State University membandingkan dua kelompok pria yang bersaing untuk memenangkan perhatian seorang wanita cantik.

Dari situ peneliti menemukan bahwa pria yang kadar testosterone-nya lebih rendah tak berpeluang sama sekali untuk mendekati si wanita, sebaliknya pria yang testosterone-nya tinggi terlihat lebih asertif, dapat mengendalikan obrolan dan lebih bisa klop dengan wanita.

2. Terhindar dari kematian dini
Rendahnya kadar testosterone dikatakan ada kaitannya dengan penyakit diabetes tipe 2 dan obesitas. Lagipula beberapa studi lain juga mengungkapkan bahwa pria yang testosterone-nya rendah berpeluang lebih besar untuk menderita penyakit jantung.

3. Memperoleh kepuasan bercinta
Menurut sebuah studi pada tahun 2009 dari University of Michigan, wnita dengan kadar testosterone yang lebih tinggi dilaporkan memiliki pengalaman seksual yang lebih positif. Hormon itu membuat mereka merasakan seks sebagai pengalaman yang menenangkan dan merilekskan.

Studi-studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa wanita yang kadar testosterone-nya tinggi lebih sering bercinta dan mencapai orgasme.

4. Menyesuaikan gairah dengan masa subur pasangan
Tahukah jika tubuh dapat menyesuaikan agar kadar testosterone Anda mencapai puncaknya saat pasangan memasuki siklus menstruasi (masa subur)?

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Hormones and Behavior, peneliti menemukan bahwa kadar testosterone seseorang mencapai puncaknya setiap 28 hari sekali dan juga di akhir pekan, waktu dimana para pria dilaporkan melakukan banyak aktivitas seksual.

Waktu ini tentu sesuai dengan kondisi wanita saat memasuki masa subur sehingga membuatnya lebih bergairah saat Anda ajak bercinta.

5. Jadi orang yang lebih energik dan optimis
Pria yang suka nonton video porno mengalami lonjakan testosterone sebanyak 35 persen dalam waktu satu jam hingga 90 menit setelah selesai menonton. Hal ini diungkap oleh sebuah studi dalam jurnal The Archives of Sexual Behavior.

Tak heran jika mereka sangat menikmatinya. Bahkan setelah nonton video erotis itu, para pria dilaporkan mengalami peningkatan energi dan optimisme.

6. Bikin bokek
Peneliti mengamati 98 pria untuk dibandingkan kadar testosteronnya dengan kesediaan mereka untuk mengambil risiko finansial dalam sebuah simulasi komputer. Hasilnya, pria yang kadar testosterone-nya lebih tinggi lebih berkenan untuk menginvestasikan lebih banyak uang. Jadi tak heran jika mereka lebih sering bokek ketimbang pria yang testosterone-nya rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar