Kamis, 02 Agustus 2012

System pembayaran dalam online


Ada banyak system pembayaran yang bisa kita pilih untuk bisnisi online kita, mulai transfer dana antar rekening bank sampai penggunaan uang virtual. Jika kita berminat melayani pelanggan dari luar negeri, pertimbangkan untuk menyediakan cara pembayaran online seperti menggunakan kartu kredit dan uang virtual. Akan sangat baik jika kita dapat menerima vendor pembayaran dari semua penerbit kartu kredit, seperti mastercard, visa amex dan lain-lain. Sedang kan uang virtual yang sering dikenal ini adalah paypal.

Pembayaran dengan kartu kredit
Sebagai penjual kita wajib memiliki rekening yang valid. Selanjutnya kita mendaftar diri sebagai merchant dari penerima kartu kredit ( vendor ) mereka akan menilai lamaran kita setiap kali pelanggan melakukan transaksi dengan kartu kredit maka vendor akan mentransfer dana senilai transaksi setelah kurang komisi ke dalam rekening merchant.

Pembayaran dengan uang virtual
Proses sama dengan bertransaksi menggunakan kartu kredit, merchant dan si pembeli diharuskan memiliki rekening seperti paypal.com. rekening si pembeli harus memiliki nilai yang cukup untuk membayar harga barang yang dibelinya. Selanjutnya proses transaksi berjalan seperti biasa, dimana rekening si pembeli dipotong nilainya dan dipindahkan ke rekening kita pada saat akan mencairkan uang virtual tersebut, maka paypal pun segera mentransfer kerekening kita di bank. Adapun system pembayaran online dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:

Menjadi merchant
Untuk menjadi merchant dari paypal kita harus mempunyai transaksi minimal $ 3.000 per bulan. Dibawah jumlah itu kita tidak bisa menjadi merchant mereka. Sebagai merchant ktia bisa menerima pembayaran melalui transfer bank dengan menggunakan kode SWIFT milik kita agar tidak salah kirim atau kita juga bisa menawarkan cara pembayaran melalui wesel pos sehingga uang yang dikirim oleh si pembeli dapat langsung kita terima dalam bentuk uang juga. 

Menjadi member dari perusahaan layanan payment gatway
Kita bisa menerima pembayaran baik dari semua vendor penerbit kartu kredit maupun melalui yang virtua untuk member dari layanan payment gatway, kita harus membayar biaya keanggotaan dan biaya komisi setiap transaksi yanh terjadi yang nilainya sesuai dengan ketentuan masing-masing payment gatway.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar