Pada dasarnya setiap pelaku bisnis baik di dunia maya
ataupun nyata tugasnya adalah menjual produk ( barang jasa ) yang akan
dipasarkan baik itu produk milik kita sendiri atau sekedar memasarkan produk
orang lain. Intinya harus ada produk yang ditawarkan jika ingin memulai suatu
bisnis di internet, calaon netpreneur ( istilah dari wirausahawan di internet,
gabungan dari kata internet dan entrepreneur ) harus memahami dengan pasti
produk yang hendak ditawarkan dan cara memasarkannya.
Berikut ini beberapa cara atau langkah untuk memulai
menjalankan bisnis di internet yaitu :
Mentukan ide atau tema bisnis
Sebelum melangkah lebih jauh, pertama-tama tentukan dulu
tema bisnis yang akan di bangun. Cari ide-ide kreatif yang layak jual. Temanya
pun bisa bermacam-macam. Tergantung minat dan keahlian masing-masing. Hal ini
untuk mengantisipasi jika seandainya di tengah jalan menemui masalah, kita
tidak terlalu kecewa dan putus asa. Dengan dimulai dari yang kita sukai,
biasanya kita akan merasa lebih tertantang untuk menyelesaikan jika muncul
problem di kemudia hari.
Menganalisa idea tau tema bisnis tersebut
Tidak semua ide layak dikembangkan di internet. Untuk itu
perlu analisa atau riset pasar. Cari tahu seberapa banyak tema tersebut
dibutuhkan di pasar? Siapa target pasarnya? Siapakah para pesaingnya? Pikirkan
juga lingkup jangkauan usaha: apakah ingin menjangkau pasar luar negeri (
seluruh dunia ) atau hanya sebatas dalam negeri saja?
Mengumpulan content ( isi ) situs
Kini saat nya untuk mengumpukan isi keperluan situs yang
akan di buat. Adapun isi bersifar arikel, gambar dan lain-lain, sebagai mana
tergantung dari teman yang diambil.
Membangun situs
Situs apapun yang akan di bangun, kita bisa membangun
sendiri atau diserahkan nya kepada ahlinya. Tapi kalau buakan terhadap
pemograman HTML dan desain situs, sebaiknya diserahkan pada pihak ketiga kita
juga di tuntut untuk memulai memikirkan pemilihan nama domain dan web hosting.
Melalui promosi
Langkah selanjutnya adalah promosi. Seberapapun bagus situs
yang kita bangun, jika tidak melakukan prosmosi sama saja artinya dengan
melakukan pekerjaan yang sia-sian. Karena 80% dari bisnis cyber ini adalah
melakukan berbagai promosi.
Bersikap fleksibel
Jangan pernah mengabaikan masukan dan kritikan dari para
konsumen atau pihak yang terkait. Karena merekalah kunci sukses sebuah usaha.
Ingat! Pembeli adalah raja, bila perlu perbaharui lah halaman situs secara
berkala agar mereka selalu betah berkunjung ke toko online.
Evalusi
Jika ternyata hasil evaluasi tidak menunjukan peningkatan
voba kaji ulang setiap langkah yang sudah kita lakukan. Jangan membuat tema
baru, selama tema yang lama belum membuahkan hasil hal ini mencegah terpecahnya
focus terhadap apa yang sudah kita kerjakan.
Catatan : temukanlah rahasia berbisnis di internet sesuai
dengan bidang kita masing-masing ingat semua tergantung dari diri kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar