Minggu, 20 Mei 2012

Memulai Bisnis di Internet


Pada dasarnya setiap pelaku bisnis baik di dunia maya ataupun nyata tugasnya adalah menjual produk ( barang jasa ) yang akan dipasarkan baik itu produk milik kita sendiri atau sekedar memasarkan produk orang lain. Intinya harus ada produk yang ditawarkan jika ingin memulai suatu bisnis di internet, calaon netpreneur ( istilah dari wirausahawan di internet, gabungan dari kata internet dan entrepreneur ) harus memahami dengan pasti produk yang hendak ditawarkan dan cara memasarkannya.
Berikut ini beberapa cara atau langkah untuk memulai menjalankan bisnis di internet yaitu :


Mentukan ide atau tema bisnis

Sebelum melangkah lebih jauh, pertama-tama tentukan dulu tema bisnis yang akan di bangun. Cari ide-ide kreatif yang layak jual. Temanya pun bisa bermacam-macam. Tergantung minat dan keahlian masing-masing. Hal ini untuk mengantisipasi jika seandainya di tengah jalan menemui masalah, kita tidak terlalu kecewa dan putus asa. Dengan dimulai dari yang kita sukai, biasanya kita akan merasa lebih tertantang untuk menyelesaikan jika muncul problem di kemudia hari.

Menganalisa idea tau tema bisnis tersebut

Tidak semua ide layak dikembangkan di internet. Untuk itu perlu analisa atau riset pasar. Cari tahu seberapa banyak tema tersebut dibutuhkan di pasar? Siapa target pasarnya? Siapakah para pesaingnya? Pikirkan juga lingkup jangkauan usaha: apakah ingin menjangkau pasar luar negeri ( seluruh dunia ) atau hanya sebatas dalam negeri saja?

Mengumpulan content ( isi ) situs

Kini saat nya untuk mengumpukan isi keperluan situs yang akan di buat. Adapun isi bersifar arikel, gambar dan lain-lain, sebagai mana tergantung dari teman yang diambil.

Membangun situs 

Situs apapun yang akan di bangun, kita bisa membangun sendiri atau diserahkan nya kepada ahlinya. Tapi kalau buakan terhadap pemograman HTML dan desain situs, sebaiknya diserahkan pada pihak ketiga kita juga di tuntut untuk memulai memikirkan pemilihan nama domain dan web hosting

Melalui promosi

Langkah selanjutnya adalah promosi. Seberapapun bagus situs yang kita bangun, jika tidak melakukan prosmosi sama saja artinya dengan melakukan pekerjaan yang sia-sian. Karena 80% dari bisnis cyber ini adalah melakukan berbagai promosi. 

Bersikap fleksibel

Jangan pernah mengabaikan masukan dan kritikan dari para konsumen atau pihak yang terkait. Karena merekalah kunci sukses sebuah usaha. Ingat! Pembeli adalah raja, bila perlu perbaharui lah halaman situs secara berkala agar mereka selalu betah berkunjung ke toko online.

Evalusi

Jika ternyata hasil evaluasi tidak menunjukan peningkatan voba kaji ulang setiap langkah yang sudah kita lakukan. Jangan membuat tema baru, selama tema yang lama belum membuahkan hasil hal ini mencegah terpecahnya focus terhadap apa yang sudah kita kerjakan.

Catatan : temukanlah rahasia berbisnis di internet sesuai dengan bidang kita masing-masing ingat semua tergantung dari diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar