Minggu, 07 April 2013

Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Amandel




Amandel ( tonsil ) terdapat pada semua orang dan terletak pada kerongkong di belakang kedua ujuang lipatan belakang mulut. Gunakan tonsil itu adalah untuk membuat limfosit yaitu sejenis sel darah putih yang bertugas membunuh kuman yang masuk kedalam badan melalui mulut. Bila tonsil itu meradang maka amandel itu membengkak, merah dan penderita merasa gatal, sakit tenggorokan, sakit menelan, kadang-kadang muntah. Peradangan tonsil membuat anak demam, sakit kepala, muntah – muntah, sakit perut, lemas dan tidak semangat. Pembesar tonsil yang terlalu besar, sehingga tonsil kiri dan kanan saling bertemu, dapat menghalangi jalan pernafasan. Kelenjar di bawah dagu, ikut pula membesar. Kelenjar pada dinding kerongkongan disebut adenoid. Biasanya bila amandel meradang adenoid pun ikut meradang.


Penyebab Penyakit Amandel : kuman dan virus masuk kebadan melalui mulut.

Pengobatan Penyakit Amandel : amandel yang sedang meradang di obati dengan antibiotic selama7-14 hari. Bila peradangan terjadi berulang-ulang sehingga menggangu sekolah anak, perlu dilakukan operasi pembuangan amandel itu. Amandel yang terlalu besar sehingga menganggu jalan pernafasan perlu juga dioperasi, namun bila amandel agak besar dan tidak menganggu jalan pernafasan maupun tidak menimbulkan sakit, tidak perlu di apa-apakan, karena amandel berguna untuk memerangi infeksi orang yang telah dioperasi masih dapat terjadi peradangan kerongkongan. Untuk merngatasi panasnya, diberi aspirin atau parasetamol banyak minum, dan istirahat yang cukup, anak yang panas tidak perlu berangkat sekolah.

1 komentar:

  1. Info yang bagus!! Salam kenal!!

    Kunjungi juga Hon Book Store.., dapatkan diskon gedhe2an hingga 15% :D

    http://www.honbookstore.com/

    Silahkan daftar juga program google adsense-nya Indonesia di Adsense Camp, kantornya di Jogja kami sudah pernah ke sana :)

    http://adsensecamp.com/?ref_id=132620

    Jangan lupa tinggalkan jejak alias komen :)

    BalasHapus